Senin, 02 Januari 2012

Download Kitab Bulugul Maram

Kitab Bulughul Maram karya Al-Hafidz Ibnu Hajar merupakan salah satu kitab yang masyhur di kalangan penuntut ‘ilmu dan para dai’. Kitab ini berisi hadits-hadits Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam yang disusun berdasarkan urutan pembahasan bab fiqih. Kitab  ini  merupakan penuntun bagi para penuntut ‘ilmu pemula namun  tetap relevan dan   dibutuhkan oleh peminat (ilmu) yang sudah tinggi ‘ilmunya. Oleh karena itu mulai edisi kami akan menampilkan secara berseri syarh (penjelasan) kitab bulughul maram ini, semoga Allah memberikan taufiq-Nya.
Sekilas Tentang Kitab Bulughul Maram.
Buku ini berjudul lengkap “Bulughul Maram Min Adillatil Ahkam”, berisi kumpulan hadits-hadits Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam dalam masalah-masalah hukum syar’i  . Buku ini banyak dijadikan   istimbath hukum Fiqih oleh para fuqaha (ahli fiqih). Dan kitab ini disertai keterangan derajat hadits yang terkandung di dalamnya. Sistem penulisannya diurutkan berdasarkan urutan pembahasan bab fiqih, pada bagian akhir kitab dibahas tentang adab, akhlak, dzikir dan do’a (Kitabul Jami’).
       Dalam Buku ini akan Nampak kindahan teknik penulisan hadits ibnu Hajar seringkali beliau menampilkan hadits yang  shahih dan kuat, meringkas hadits yang panjang, membahas panjang lebar tentang penisbatan periwayat hadits, memberi keterangan derajat hadits dengan memberikan isyarat dari ilal-nya. Diantara kehebatan dan kelebihan kitab ini  adalah ketika beliau menyertakan hadits dengan potongan dan tambahan yang muncul dari sebagian jalur sanad: Hadits yang berfungsi sebagai pengikat lafadz mutlak (Taqyid Al Muthlaq), Perinci lafdz mujmal (tafshil al mujmal) dan penghilang pertentangan (raf’u At Ta’arudh). Dengan keistimewaan ini banyak para ulama yang mengkaji, mensyarah dan menerapkan manhaj-nya.Penulis (Ibnu Hajar) menyusunnya dengan penuh cermat agar orang-orang yang menghafalkannya menjadi unggul diantara rekan-rekannya. Buku ini adalah merupakan penuntun bagi para penuntut ‘ilmu pemula tetapi tetap dibutuhkan oleh peminat (ilmu) yang sudah tinggi ‘ilmunya. Di akhir hadis beliau jelaskan nama-nama imam yang meriwayatkan  sebagai bentuk nasihat kepada ummat.
Lebih jelasnya, silahkan download di sini.
Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua. Amin ya Robb.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More